SURETY BOND

Adalah Suatu bentuk penjaminan yang memberikan jaminan kepada pemilik proyek (obligee) atas kemungkinan timbulnya risiko kerugian  akibat kegagalan penerima pekerjaan (principal) dalam menyelesaikan kewajibannya sesuai kontrak. biasanya pihak obligee meminta surat jaminan/ sertifikat surety bond dari principal/ kontraktor dengan maksud sebagai syarat wajib yang harus ada sebagai pernyataan kesanggupan untuk menyelesaikan suatu proyek.

Surat jaminan/ sertifikat surety bond ini bisanya diberikan oleh perusahaan Penjaminan, Lembaga Keuangan Non Bank yaitu perusahaan Asuransi yang sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan

SURETY BOND

1. Jaminan Penawaran (Bid Bond)

2. Jaminan pelaksanaan (Performance Bond)

3. Jaminan Uang Muka (Advanced Payment Bond)

4. Jam Pemeliharaan (Maintenance Bond)

jENIS - JENIS SURETY BOND

1. Jaminan Penawaran (Bid Bond)

Jaminan Penawaran (Bid Bond) yang berlaku di Indonesia dasar hukumnya adalah Keppres No.16 tahun 1964 yang menyatakan bahwa obligee adalah pemerintah.
Fungsi Bid Bond adalah Sebagai syarat dalam pelelangan/tender suatu proyek dengan tujuan agar peserta tender sungguh-sungguh untuk mendapatkan proyek yang ditenderkan itu, Principal/Kontraktor sebagai pemenang tender dapat dijamin oleh Surety Company bila dikenakan sanksi karena ia mengundurkan diri atau tidak melanjutkan kontrak pelaksanaannya.

2. Jaminan pelaksanaan (Performance Bond)

Sering disebut juga Performance Bond, Fungsi Jaminan Pelaksanaan:
Merupakan syarat dalam penandatanganan kontrak kerja bagi pemenang tender. Bila Principal tidak melaksanakan kewajibannya sesuai dengan kontrak, Surety Company akan memberikan ganti kerugian kepada Obligee dengan mencairkan jaminan itu.

3. Jaminan Uang Muka (Advanced Payment Bond)

Advanced Payment Bond Isi Jaminan Uang Muka:
Janji dari Surety Company dan Principal untuk mengembalikan uang muka yang telah diterima sebelum pekerjaan selesai, sesuai dengan kontrak yang telah ditanda tanganinya.
Bila Principal telah melaksanakan/melunasi pengembalian uang muka, maka Advance Payment Bond otomatis batal.
Pada saat jatuh tempo pembayaran uang muka belum dilunasi, maka Jaminan Uang Muka dapat diperpanjang sesuai dengan kesepakatan dari Obligee dan Principal.
Pengajuan ganti rugi atas jaminan kepada Surety diajukan dalam jangka waktu tertentu setelah berakhirnya jaminan/kadaluarsa.

4. Jam Pemeliharaan (Maintenance Bond)

Janji untuk mengganti kerugian.
Perjanjian batal dengan sendirinya jika Principal mengganti seluruh kekurangan yang timbul pada proyek selama masa pemeliharaan.
Jaminan masih berlaku sampai batas waktu yang ditetapkan oleh Obligee dan Principal meskipun jangka waktu pemeliharaan sudah berakhir dan Principal tidak memenuhi kewajibannya.
Pengajuan ganti rugi yang ditentukan dalam jangka waktu tertentu setelah berakhirnya jaminan/kadaluarsa. jaminan/kadaluarsa.

SURETY BOND

Our Team

Untuk Pembuatan Jaminan/ Tanya-tanya Hubungi :

  • Rudi Nasution : 0812-9444-4789/ Atau Clik Langsung Disini Langsung Chat WA

  • Email Kantor   : rudinasution@tugukresna.com (Office Hour)

  • Email Pribadi   : rudinasution07@gmail.com ( 24 Jam )

  • telegram          : t.me/suretybondtkp (klik chanel telegram)

 

Call Now Button

This site is protected by wp-copyrightpro.com