Jaminan Pelaksanaan

Dalam sebuah proyek Jaminan Pelaksanaan merupakan syarat  wajib yang dibuat oleh  principal kemudian diserahkan kepada obligee sebagai jaminan kepada Obligee (pemilik proyek) bahwasanya princil dapat mengerjakan pekerjaan tersebut dengan baik dan sesuai dengan kontrak.

Jaminan Pelaksanaan proyek pemerintah biasanya sebesar 5% dari nilai kontrak, untuk proyek swasta bisa mencapai 10% dari nilai kontrak.

Kami akan membantu Kontraktor (Principal) untuk mengurus penerbitan Jaminan Surety Bond dan Bank Garansi semua jenis jaminan. 

Untuk proses penerbitannya sendiri dibutuhkan jangka waktu sehari (One Day Services) untuk pengurusan jaminan pelaksanaan Surety Bond, jika kebutuhannya Bank Garansi, pengurusannya kira-kira 5 hari kerja paling lama.

SURETY BOND

SURETY BOND (SB) adalah Suatu bentuk penjaminan yang memberikan jaminan kepada pemilik proyek (obligee) atas kemungkinan timbulnya risiko kerugian  akibat kegagalan penerima pekerjaan (principal) dalam menyelesaikan kewajibannya sesuai kontrak. biasanya pihak obligee meminta surat jaminan/ sertifikat surety bond dari principal/ kontraktor dengan maksud sebagai syarat wajib yang harus ada sebagai pernyataan kesanggupan untuk menyelesaikan suatu proyek.

Surat jaminan/ sertifikat surety bond ini bisanya diberikan oleh perusahaan Penjaminan, Lembaga Keuangan Non Bank yaitu perusahaan Asuransi yang sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan

BANK GARANSI

BANK GARANSI (BG) adalah kredit yang bersifat non cash loan yaitu suatu pemberian janji secara tertulis dengan persyaratan dan ketentuan tertentu yang diatur dan ditetapkan dalam perjanjian Bank Garansi antara Bank dengan dengan Principal yang dijamin dengan Kontra Bank Garansi dari Asuransi PT. Tugu Kresna Pratama yang menyatakan bahwa atas permintaan Principal, untuk jangka waktu tertentu, jumlah tertentu dan keperluan tertentu.

Bank akan membayar kewajiban Principal kepada Obligee apabila Principal melakukan wanprestasi (cidera janji) dengan Obligee.

Jaminan Pelaksanaan

Jaminan pelaksanaan disebut juga Performance Bond, Fungsi Jaminan Pelaksanaan: Merupakan syarat dalam penandatanganan kontrak kerja bagi pemenang tender. Bila Principal tidak melaksanakan kewajibannya sesuai dengan kontrak, Surety Company akan memberikan ganti kerugian kepada Obligee dengan mencairkan jaminan itu.

Call Now Button

This site is protected by wp-copyrightpro.com