BANK GARANSI

BANK GARANSI

BANK GARANSI (BG) adalah kredit yang bersifat non cash loan yaitu suatu pemberian janji secara tertulis dengan persyaratan dan ketentuan tertentu yang diatur dan ditetapkan dalam perjanjian Bank Garansi antara Bank dengan dengan Principal yang dijamin dengan Kontra Bank Garansi dari Asuransi PT. Tugu Kresna Pratama yang menyatakan bahwa atas permintaan Principal, untuk jangka waktu tertentu, jumlah tertentu dan keperluan tertentu.

 

Bank akan membayar kewajiban Principal kepada Obligee apabila Principal melakukan wanprestasi (cidera janji) dengan Obligee.

Bank Garansi

DETAIL JAMINAN

1. BG JAMINAN PENAWARAN

Jaminan Penawaran (Bid Bond) yang berlaku di Indonesia dasar hukumnya adalah Keppres No.16 tahun 1964 yang menyatakan bahwa obligee adalah pemerintah. Fungsi Bid Bond adalah Sebagai syarat dalam pelelangan/tender suatu proyek dengan tujuan agar peserta tender sungguh-sungguh untuk mendapatkan proyek yang ditenderkan itu, Principal/Kontraktor sebagai pemenang tender dapat dijamin oleh Surety Company bila dikenakan sanksi karena ia mengundurkan diri atau tidak melanjutkan kontrak pelaksanaannya.

2. BG JAMINAN PELAKSANAAN

Jaminan pelaksanaan (Performance Bond) Sering disebut juga Performance Bond, Fungsi Jaminan Pelaksanaan: Merupakan syarat dalam penandatanganan kontrak kerja bagi pemenang tender. Bila Principal tidak melaksanakan kewajibannya sesuai dengan kontrak, Surety Company akan memberikan ganti kerugian kepada Obligee dengan mencairkan jaminan itu.

3. BG JAMINAN UANG MUKA

Jaminan Uang Muka (Advanced Payment Bond) Advanced Payment Bond Isi Jaminan Uang Muka: Janji dari Surety Company dan Principal untuk mengembalikan uang muka yang telah diterima sebelum pekerjaan selesai, sesuai dengan kontrak yang telah ditanda tanganinya. Bila Principal telah melaksanakan/melunasi pengembalian uang muka, maka Advance Payment Bond otomatis batal.

4. BG JAMINAN PEMELIHARAAN

Janji untuk mengganti kerugian. Perjanjian batal dengan sendirinya jika Principal mengganti seluruh kekurangan yang timbul pada proyek selama masa pemeliharaan. Jaminan masih berlaku sampai batas waktu yang ditetapkan oleh Obligee dan Principal meskipun jangka waktu pemeliharaan sudah berakhir dan Principal tidak memenuhi kewajibannya.

Bank Garansi

Our Team

Untuk Pembuatan Jaminan/ Tanya-tanya Hubungi :

Call Now Button

This site is protected by wp-copyrightpro.com